Wednesday, September 8, 2010

Tips to be A Rich Person

Sebenarnya artikel yang ini sudah ingin kutulis sejak lama, dan ini merupakan speech/presentasi yang kubawakan pada hari Jumat, 17 September 2010 di UC Toastmaster, hanya saja aku belum benar-benar memiliki waktu untuk diam di depan komputer dan menuliskan semuanya ini:D. Berikut adalah presentasi yang berjudul "How to be A Rich Person?" yang kubawakan waktu itu.

"How to be A Rich Person?"



Setiap kita tentunya berharap bisa memiliki kehidupan yang lebih baik, dan menjadi orang yang kaya. Ada 3 harta yang perlu dimiliki oleh kita untuk boleh menjadi orang yang kaya di dalam dunia ini. Harta-harta tersebut adalah:
1. Visi/impian



Menurut sumber-sumber yang telah kupelajari visi berbicara mengenai 'what do we want to become', maka dari itu umumnya kalimat visi diawali dengan kata menjadi atau 'to be'. Pentingnya mengenai visi dapat dibaca pada tulisan yang sebelumnya pernah kutulis dari sebuah buku, artikel tersebut berjudul 'Big Dream Big Success'. Visi merupakan hal yang perlu kita miliki agar kita jelas mau melangkah ke arah mana. Salah satu contoh yang dapat diambil mengenai pentingnya visi ini adalah kisah dari Walt Disney. Berikut merupakan kutipan-kutipan kalimat dari Walt Disney yang menunjukkan pentingnya imajinasi/mimpi/impian.
Disneyland will never be completed. It will continue to grow as long as there is imagination left in the world
All your dreams can come true if you have the courage to pursue them


Dapatkah kalian bayangkan tanpa adanya imajinasi atau mimpi yang terus berusaha untuk diwujudkan, Walt Disney tidak akan pernah terwujud. Ingat baik-baik, harta pertama yang harus kalian miliki adalah MILIKILAH VISI.

2. Misi


Seperti di teori pada umumnya, misi sangatlah melekat dengan visi. Kalau visi adalah tujuan jangka panjang kita, maka misi adalah jembatan yang harus kita lalui untuk mencapai visi tersebut. Sangat mudah rasanya menerangkan pentingnya dan definisi visi dan misi secara teoritis, namun kenyataannya tidak semudah itu. Banyak yang masih bingung dalam merumuskan pernyataan visi dan misi yang tepat, bahkan lebih parahnya lagi, banyak yang menyadari pentingnya hal tersebut, namun tidak pernah meluangkan waktu untuk memikirkannya.

3. Harta yang ketiga adalah????
Setelah berbicara mengenai visi dan misi, kira-kira apa ya yang menjadi harta ketiga yang tidak kalah pentingnya dengan visi dan misi? Untuk harta ketiga ini kuambil sumbernya dari authorstream.com, sebuah slide yang berjudul " A Small Truth to Make Life 100%". Kira-kira menurut kalian, jika huruf A=1, B=2, C=3, dan seterusnya sampai dengan Z=26, kira-kira apa ya yang membuat hidup itu menjadi 100%?
Apakah HARDWORK (kerja keras)???
H+A+R+D+W+O+R+K = 8+1+18+4+23+15+18+11 = 98%
Apakah KNOWLEDGE (pengetahuan)???
K+N+O+W+L+E+D+G+E = 11+14+15+23+12+5+4+7+5 = 96%
Apakah LOVE (cinta)???
Seberapa banyak dari kita, bahwa cinta adalah segala-galanya??? Mari kita lihat, apakah cinta yang membuat hidup itu 100%?
L+O+V+E = 12+15+22+5 = 54%
Apakah LUCK (keberuntungan)???
L+U+C+K = 12+21+3+11 = 47%
Apakah MONEY (uang)???
Tidak sedikit orang yang berpikir uang adalah segala-galanya sehingga mereka mengejar hal tersebut dengan berbagai cara. Apakah harga yang ketiga untuk menjadi kaya ini memang adalah uang? Mari kita lihat,
M+O+N+E+Y = 13+15+14+5+25 = 72%
Apakah LEADERSHIP (kepemimpinan)???
L+E+A+D+E+R+S+H+I+P= 12+5+1+4+5+18+19+9+16 = 89%

Ternyata untuk membuat hidup menjadi 100% bukanlah dengan kerja keras, pengetahuan, cinta, keberuntungan, uanga ataupun kepemimpinan. Memang semua hal tersebut diperlukan dalam kehidupan ini, namun yang lebih penting di atas semua itu dan menjadikan hidup ini menjadi 100% adalah...
A+T+T+I+T+U+D+E= 1+20+20+9+20+21+4+5 = 100%

Sikap kitalah yang membuat kehidupan kita ini menjadi 100%. Kita boleh bekerja sekeras mungkin, memiliki pengetahuan yang luar biasa luasnya, memiliki harta yang banyak, namun tanpa disertai sikap yang baik, sikap menghargai orang lain, sikap yang rendah hati, maka kita dapat kehilangan harta yang kita miliki, kita tidak akan dapat membangun network yang baik tanpa attitude yang baik pula.

Di akhir artikel ini aku hanya ingin sedikit memberi sedikit kesimpulan dari semuanya ini. Menjadi kaya tidak hanya berbicara seberapa banyak harta yang kita miliki, namun lebih dari pada itu, ketika kita boleh memiliki 'harta-harta' yang berharga seperti VISI, MISI dan ATTITUDE, harta-harta tersebutlah yang akan memberikan kita 'kekuatan' untuk kita boleh berjuang dalam kehidupan ini, bahkan ketika kita memiliki ketiga 'harta' tersebut kita dapat menjadi lebih 'kaya' dibandingkan mereka yang memiliki harta kekayaan melimpah namun tidak memiliki ketiga 'harta' tersebut. Selamat menjadi orang 'kaya' dalam kehidupan ini:D Gbu.

No comments:

Post a Comment