Saturday, July 2, 2011

Bersyukurlah untuk Sahabatmu^^

Artikel ini seharusnya kutulis beberapa waktu yang lalu, hanya saja kesibukan (mungkin juga kemalasan :D) yang membuatku menunda untuk menulis artikel ini. Bermula dari notes yang ditulis oleh Angela Bernarda tentang "friendship" dan status facebook tentang persahabatan yang menyusul notes yang ditulis tersebut, dan hal-hal yang kualami mendorongku untuk akhirnya aku menuliskannya^^

Diriku pernah mendengar kisah tentang seorang gadis yang ditanya "Apakah kamu memiliki sahabat? Siapa sahabatmu?". Dengan mantapnya dia menjawab "Tentu, sahabatku adalah si A, si B, si C, dan si D". Seseorang ini menanyakan juga kepada si A, B, C, dan D, apakah mereka memiliki sahabat, siapakah sahabatmu? Ironisnya tidak ada seorang pun dari keempat orang ini yang menyebutkan gadis yang saya tanya semula sebagai sahabatnya. Bagaimana dengan dirimu? Apakah kamu memiliki sahabat? Apakah arti sahabat untukmu? Apakah orang yang memiliki hobi yang sama, kegemaran yang sama, pandangan yang sama, segala hal yang sama denganmu?
Dalam opiniku, sahabat belum tentu orang yang selalu memiliki kegemaran atau pandangan yang sama dengan kita, bahkan orang yang berbeda prinsip bagaikan bumi dengan langit pun bisa menjadi sahabat. Sahabat adalah orang yang berani untuk menegurmu jika kamu salah, sementara yang lain hanya terdiam dan membiarkanmu. Sahabat berusaha untuk menyediakan waktu dan dirinya ketika ia tahu sahabatnya ada dalam kesulitan/masalah. Tidak sedikit orang yang kecewa ketika ia sedang membutuhkan sahabatnya untuk bercerita, sahabatnya ini begitu sibuknya. Ketika kita kecewa, mungkin kita telah menjadi sahabat yang tidak baik bagi sahabat kita, kita telah menuntutnya untuk selalu ada yang menyediakan waktunya bagi kita. Sahabat kita mungkin tidak selalu ada 24 jam untuk kita, namun sahabat yang baik akan selalu mendoakan kita ketika kita ada dalam masalah. Sahabat adalah "harta" yang indah yang kita miliki ketika hidup di dunia ini. Sahabat adalah tempat dimana kamu berani terbuka dan berbagi hidupmu dengan mereka, berbagi suka dan duka dengan mereka.

Aku bersyukur untuk sahabat-sahabat yang aku miliki (semoga aku boleh menjadi sahabat juga bagi mereka^^). Selalu ada cece yang setia yang ada di Belanda (Thank you ce Veve) yang boleh terus mensupport diriku dan berdoa untukku, namun terkadang aku menyadari diriku terlalu sibuk dengan aktivitas-aktivitasku, sehingga sering "mengabaikannya" ketika diajak chatting. Bahkan ketika ada sahabatku yang dari Taiwan datang untuk berlibur di Surabaya selama sebulan, aku hanya sempat pergi dengannya beberapa kali (maafkan aku sinyo^^). Selalu ada sahabat-sahabat di gereja yang selalu suport dan menguatkan aku, ketika aku berada titik ambang keputusasaanku. Aku menyadari diriku belum menjadi sahabat yang baik, namun bersyukur karena mereka boleh selalu ada dan mencoba untuk mengerti aku.

(Maafkan aku jika sisi melankolisku sedang dominan saat ini :D) Sahabat-sahabatku, terima kasih karena sudah menjadi bagian dari hidupku dan memberikan warna dalam hidupku. maafkan jika aku belum menjadi sahabat yang baik untukmu.

Bagaimana dengan dirimu? Sudahkah anda mengucap syukur untuk sahabat-sahabat yang anda miliki?^^ Terlalu mudah untuk mencari 1000 musuh, namun begitu sulit untuk mendapatkan seorang sahabat. Hargailah sahabat-sahabatmu, bersyukurlah untuk sahabat yang kau miliki^^

1 comment: