Thursday, November 11, 2010

Ubaya Carnival Part II

Dear my diary,
Hari ini merupakan hari kedua penyelenggaraan Ubaya Carni
val...
Foto dan berita yang saya dapatkan tidak sebanyak yang kemarin:( Saya baru tiba di atrium TP 3 kurang lebih pukul setengah 1. Ketika tiba di sana saya sempat melihat permainan piano dari mahasiswi Ubaya yang bernama Gracia dari jurusan multimedia. Pada pk. 11.00-13.30 diadakan talkshow yang berjudul 'Talent Management' for High School Students', dengan narasumber Pak Adi dan Bu Evi (Itu yang saya tahu ketika saya tiba pk. 12.30).


Dalam talkshow tersebut dibahas bahwa anak-anak dengan talenta membutuhkan pengajaran yang berkualitas pula, pengajar yang tepat, kreatif dan fleksibel. Kalau mau dibuat ilustrasinya, bakat itu seperti bibit tanaman, untuk bertumbuh dan berbuah yang lebat, bibit tersebut membutuhkan lahan dan pemeliharaan yang tepat. Pernyataan tersebut adalah pernyataan yang dilontarkan oleh Pak Adi menambahkan keterangan yang telah disampaikan oleh Bu Evi. Acara talkshow tersebut dilanjutkan dengan tanya jawab. Salah satu peserta talkshow menanyakan bagaimana sekolah bisa mewadahi anak-anak dengan talenta-talenta tersebut? Padahal dalam talkshow sebelumnya disebutkan bahwa dibutuhkan sarana, fasilitas dan pengajar untuk mengembangkan talenta yang dimiliki anak-anak tersebut.
Menanggapi pertanyaan tersebut, Bu Evi menanggapi bahwa sekolah-sekolah dapat mewadahinya melalui ekstrakulikuler atau project-project. Dari kegiatan-kegiatan tersebut, dapat dilihat kecenderungan talenta-talenta yang dimiliki oleh siswa-siswanya dan dapat menaruh konsentrasi atau perhatian khusus di sana. Selain itu, dapat juga dengan mentorship yang dilakukan para ahli yang bisa diajak kerja sama dengan sekolah.

Usai acara talkshow, ada acara yang menarik perhatian saya, yaitu 'Glowing Bacteria'. MC acara tersebut menyampaikan bahwa kemungkinan ini adalah acara pertama yang diadakan di Surabaya ini. Acaranya sangat unik, yaitu menggambar logo Ubaya dengan menggunakan bakteri yang tidak nampak secara kasat mata pada media agar. Dengan sebuah alat (yang saya lupa namanya) gambar yang tidak nampak secara kasat mata tersebut dapat dilihat, karena terdapat fluoresence yang memendarkan cahaya hijau. Bioteknologi ini juga yang dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi adanya mercury di dalam ikan yang ada di laut. Foto-foto berikut merupakan foto yang saya ambil selama acara 'Glowing Bacteria'...
Foto yang ada pada sisi kiri adalah foto peserta Glowing Bacteria, sedangkan pada sisi yang kanan adalah foto dari dua mahasiswi bioteknologi yang menjelaskan bagaimana caranya menggambar pada media agar yang telah disediakan.


Pose para peserta yang sedang asyik dalam menggambar logo Ubaya di media agar yang telah disediakan


Foto di sebelah kiri adalah contoh lambang Ubaya yang telah digambar pada media agar yang sudah dipersiapkan panitia. Kalau gambar yang ada di kanan adalah contoh gambar pemandangan dimana pewarna yang digunakan tidak hanya hijau, namun ada berbagai macam warna (mohon maaf jika gambarnya tidak jelas, karena pada saat itu sedang mengisi tes kepribadian^^)

Selain acara talkshow dan Glowing Bacteria, masih ada acara Wayang Adventure, lomba dan talkshow mengenai sexual exploration dan ditutup dengan lomba Scavenger Hunt. Lomba Scavenger Hunt ini merupakan lomba rally yang diikuti oleh siswa SMA/SMK dimana mereka harus menyelesaikan tugas yang diberikan dalam enam pos, dimana tiga tugas diberikan dalam bahasa inggris, dan tiga lainnya dalam bahasa mandarin.

Selain meliput acara Ubaya Carnival pada hari ini, saya juga mengikuti tes kepribadian. Hasil dari tes kepribadian menunjukkan bahwa saya termasuk orang yang sabar dan baik hati^^v, dan masih ada beberapa kepribadian lainnya, yang pasti tidak hanya hal-hal yang positif saja, namun juga menunjukkan kelemahan-kelemahan kita. Selain tes kepribadian, saya juga mengikuti tes lemak, hasilnya cukup menyedihkan, bahwa ternyata saya memiliki kelebihan berat badan, dan harus menurunkan 1.6 kg lagi supaya ideal:(

Ubaya Carnival hari ini kuakhiri dengan sangat menyenangkan karena boleh berbincang-bincang dengan salah satu dosen saya ketika di S1. Beliau sangat mensupport bahwa apa yang pernah kita pelajari tidak akan pernah sia-sia, walaupun dalam aplikasi pekerjaan kita tidak menggunakan ilmu tersebut. Beliau juga menekankan pentingnya softskill untuk membekali para mahasiswa. Tidak terasa kami berbincang-bincang cukup lama dan waktu sudah menunjukkan pk.10.00 malam, dan para panitia harus beres-beres, dan saya pun berpamitan dan pulang untuk menulis diary tercintaku mengenai Ubaya Carnival 2010:)

Inilah akhir liputan untuk Ubaya Carnival 2010 hari kedua:)
Sampai berjumpa lagi untuk liputan yang berikutnya...


No comments:

Post a Comment