Sunday, November 14, 2010

Intensi Turnover

Saya bukanlah lagi menganggur sehingga menulis blog menjelang larut malam seperti ini:) Saya hanya ingin sedang menikmati belajar sambil menyalurkan hobby menulis blog. Malam ini saya sedang belajar untuk mempersiapkan ujian proposal tesis pada hari esok, yaitu Senin, 15 November 2010, pk.15.00 tepatnya. Topik tesis yang saya ambil adalah mengenai intensi turnover. Apa itu intensi turnover? Intensi turnover adalah kecenderungan seorang karyawan untuk keluar dari perusahaan dimana tempat ia bekerja.

Mengapa intensi turnover ini menarik untuk diketahui dan dipelajari?
1. Hukum pareto mengatakan bahwa 20% usaha yang dilakukan d
apat berdampak pada 80% kinerja yang dihasilkan. Dalam aplikasinya adalah pihak manajemen dalam sebuah perusahaan perlu mengelola sumber daya manusia terbaik yang dimilikinya agar dapat menghasilkan kinerja yang luar biasa bagi perusahaan.
2. Beberapa literatur seperti international business report tahun 2008, Gupta (2007), Arhur (2001) menuliskan akibat kegagalan retensi karyawan adalah peningkatan beban kerja karyawan lain, kenaikan beban operasi, kalah bersaing dengan kompetitor, penurunan standar customer service, kehilangan pengetahuan dan pengalaman, hilangnya investasi uang dan waktu yang telah dilakukan.
3. Masalah turnover menimbulkan biaya yang tidak sedikit. Hom (1995) menuliskan bahwa biaya turnover yang diakibatkan oleh 24 agensi kesehatan mental adalah lebih dari $3 juta pada tahun 1991.

Perusahaan yang berhasil menjaga retensi dari karyawan dengan kinerja yang baik akan mendapatkan manfaat berupa peningkatan pengetahuan, pengalaman, stabilitas dan produktivitas. JADI, SANGAT PENTING bagi perusahaan dan organisasi untuk menjaga karyawan-laryawan terbaik yang dimilikinya agar perusahaan dapat berkembang ke arah yang lebih baik lagi.

Sama seperti pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati, oleh karena itu penting bagi pihak perusahaan untuk mengetahui kecenderungan karyawannya untuk keluar dari perusahaan, dan berusaha mencari tahu faktor-faktor penyebabnya dan meminimalkan kemungkinan terjadinya hal tersebut.

Beberapa kajian teori dan penelitian terdahulu yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah:
  1. Penelitian dari Ajzen mengenai Theory of Reasoned Action dan Theory of Planned Behavior.
  2. Penelitian dari Cotton (1986) mengenai variabel-variabel yang mempengaruhi turnover
  3. Penelitian dari Breukelen (2004) yang menggabungkan variabel-variabel tradisional penyebab turnover dengan teori perilaku terencana dari Ajzen
  4. Penelitian dari Hinsz (1990) yang meneliti tentang empat model intensi turnover di universitas.
Dalam penelitian yang akan saya lakukan saya menggunakan metode eksploratif deskriptif:) Saya akan membagikan kuesioner dan melakukan interview untuk memperdalam hasil yang saya dapat.

Ini adalah pertama kalinya saya menulis penelitian sesuai dengan kaidah metodologi penelitian, karena skripsi S1 saya adalah perancangan pabrik, dan isinya secara garis besar adalah hitungan dan rumus-rumus:) Namun saya cukup menikmati menulis dan mempelajari mengenai intensi turnover ini. Doakan saya sukses dengan sidang proposal esok dan dapat menyelesaikan tesis ini tepat waktu dan wisuda di tahun mendatang ya:)


6 comments:

  1. You've done ur best...so, you'll get the best Na..keep perseverance:)!!

    ReplyDelete
  2. Maaf, apakah saya boleh meminta referensi buku penunjang yang membahas turnover baik dalam bahasa indonesia maupun bahasa asing, terima kasih

    ReplyDelete
  3. @anonymous:
    Salam kenal sebelumnya^^
    Untuk buku yang benar-benar membahas turnover saya hanya menemukan 3 yaitu:
    1. Employee Turnover, pengarangnya Hom dan Griffeth (1995)
    2. The Employee Recruitment and Retention Handbook, pengarangnya Arthur (2001)
    3. Managing Employee Turnoverm pengarangnya Roseman (1981)

    ReplyDelete
  4. kak,punya ketiga buku tersebut tidak?

    ReplyDelete
  5. kak apakah ada contoh jurnal yang membahas teori perilaku terencana? saya rencana skripsi ambil topik turnover dengan teori itu, makasih

    ReplyDelete
  6. kan saya kan renvcana ambil tugas akhir tentang turnover ka punya referensi buku turnover engga terbitan tahun 2010 ke atas

    ReplyDelete