Monday, June 29, 2009

Making Changes in Our Life


"When I was a young man, I wanted to change the world. I found it was difficult to change the world, so I tried to change my nation. When I found I couldn't change the nation, I began to focus on my town. I couldn't change the town and as an older man, I tried to change my family. Now, as an old man, I realize the only thing I can change is myself, and suddenly I realize that if long ago I had changed myself, I could have made an impact on my family. My family and I could have made an impact on our town. Their impact could have changed the nation and I could indeed have changed the world.”

Pernahkah kita mencoba untuk menuntut orang lain berubah? Rasanya seringkali kita dengan mudahnya menyalahkan lingkungan dan orang-orang yang ada di sekeliling kita ketika kita merasa apa yang mereka lakukan tidak sesuai dengan keinginan kita (kalau kata kita dirasa kurang tepat, bisa diganti kata saya, karena saya pribadi merasa sering sih melakukannya). Kata-kata bijak yang ada di atas, saya cari waktu saya mau mempersiapkan tugas presentasi bahasa inggris dengan topik "How to create a world peace and live in harmony" . Apakah menurut kalian itu mungkin dunia ini damai? Siapa yang tidak ingin dunia ini damai dan harmonis, ya kan?
Lewat kata-kata di atas saya belajar banyak lho. Sebenarnya bukan hal yang mustahil buat kita mau hidup di dunia yang aman dan tentram, seandainya setiap orang berpikir bahwa itu dimulai dari pribadi kita masing-masing. Ketika kita ngga mau bermusuhan dengan orang, walaupun jengkelnya setengah mati, ya dari kita sendiri yang belajar menahan diri untuk ngga marah-marah. Namun, saya sadar kog, itu hal yang sulit banget untuk kita lakukan.

So at the end of this story, I want to say : Have ur big dream, start it from small thing, start it from urself. Selamat mengubah dunia teman
!

No comments:

Post a Comment