Monday, February 1, 2010

Inspirasi 5 Menit



Buku yang ditulis oleh Bapak Samuel Tirtamihardja ini adalah buku yang sangat menarik, ringan untuk dibaca dan lebih lagi sangat menguatkan.
buku ini terdiri atas 60 artikel singkat setiap artikel selalu diselipkan kata-kata bijak yang memotivasi kita dan ada beberapa artikel yang diberi ilustrasi.

Beberapa hal/prinsip yang dapat diambil dari buku ini antara lain :
1. jangan pernah menyerah dalam hidup ini. Di awal buku ini ditulis sebuah kutipan dari Thomas Alfa Edison yang berbunyi "Many of life's failure are men who did not realize how close they were when they gave up"

2. belajar mengapresiasi orang lain, karena survey di Amerika membuktikan bahwa 50% dari karyawan keluar dari pekerjaannya karena merasa diri mereka tidak pernah diapresiasi.

3. Beberapa prinsip kehidupan yang harus kita lakukan, antara lain dengan menjaga kesegaran pikiran kita dengan vitamin A,B,C,D, dan E. Apakah itu? A=Agape/kasih, B=berdoa, C=Ceria, D=Dorongan, dan E=Empati.

4. Setiap orang memiliki keunikan, dan kelebihannya masing-masing. Ada artikel yang menuliskan bisa karena biasa. di artikel tersebut dituliskan bahwa ada suatu temuan di bidang psikologi bahwa 95% dari segala sesuatu yang kita pikirkan, rasakan, lakukan dan kita capai merupakan hasil dari kebiasaan.

5. Apakah esensi dari kebahagiaan?Ada orang yang kaya namun mereka tidak bahagia. Menurut survei, indeks kebahagiaan Indonesia masih lebih tinggi dari negara Singapura, Jepang, Amerika dan Jerman. Dalam Artikel tersebut dituliskan bahwa manusia yang bahagia adalah ketika ia merasa tak berdaya karena dia akan berserah kepada Tuhan dan Tuhan akan memberikan kelegaan padanya.

6. Dalam kehidupan kita harus bertumbuh dan berpikir secara realistis/nyata.

7. Bagaimana dalam kehidupan ini kita harus memberi kesan yang baik dan menjadi orang yang menarik. Salah satu kalimat yang menarik dari artikel tersebut adalah "Kalau kehormatan itu menjadi pakaianmu, maka ia akan tahan seumur hidupmu. Kalau pakaianmu itu menjadi kehormatanmu, maka ia akan cepat robek" Wah, makna yang sangat dalam sekali ya:)

8. Manusia harus memiliki tekad, impian dalam hidupnya dan jangan pernah menyerah pada kemustahilan. Sudah terlalu banyak contoh-contoh kehidupan orang-orang yang pada masa lalunya "kelam" namun mereka dapat melewati semua itu dan dunia mengakui mereka sebagai orang yang berhasil.

Masih ada begitu banyak lagi kisah-kisah dan pelajaran yang menarik yang aku dapatkan. Bahasanya yang komunikatif dan kisahnya yang menguatkan benar-benar membuatku tidak ingin berhenti membacanya. Buku ini sungguh dapat memberi kekuatan dan berbagai makna dalam kehidupan kita. Jadi, saya hanya ingin mengatakan : Jika anda belum membaca buku ini, maka bacalah sekarang :)

Have a nice reading.

No comments:

Post a Comment